The first 4 Days..

4:42:00 PM

April, 25th 2016

Hallo, di postingan sebelumnya saya cerita melahirkan yaa. Kali ini saya mau cerita hari-hari selama saya rawat inap pasca melahirkan di RS Hermina Sukabumi.

Kalu lihat foto dibawah jangan heran ya kalau ada balonnya. Waktu saya melahirkan RS Hermina sedang ulang tahun jadi sepanjang koridor banyak hiasan, ada photo booth juga, ada rame-ramean deh. Cuma ya saya gak lihat, orang masih diruangan. hehehe


Enam jam setelah obeservasi saya akhirnya dibawa ke ruang rawat. Ketemu keluarga yang menyelamati dan memuji-muji anak saya yang katanya lucu. Saya makin gak sabar menunggu Anak bayi diantar ke ruangan.



Dan begitu diantar suster ke ruangan...Ya Allah terharu lagi. Anak saya lucu sekali. Putih, bersih, mancung, ganteng ! Ibu saya bahkan bilang anak saya ini sejak lahir betul-betul bersih, tidak ada kotor atau kulit mengelupas apapun. Alhamdulillah ya nak, sesuai arti namamu. Bersih.

Suster bilang anak bayi sudah pipis, sudah pup. Siap minum asi. Maka hari itu juga saya diajarin teknik pelekatan saat menyusui. Sudah baca teorinya sih di banyak buku, tapi ketika praktek langsung blank hehehe Untung perawatnya sabar ngajarin dan membantu. Dan Alhamdulillah ASI saya langsung keluar. Moment magical pertama kali menyusui pun berlangsung lancar dan terdokumentasikan dengan baik. Tapi ya gak bisa dishare kemana-mana. :P


sensor hahaha
difoto ganis nih
Hari itu juga kami kedatangan banyak sekali tamu. Temen-teman dekat dan keluarga. Ada Ganis puput, ada Iam dan the cutie Ayla yang fotonya gak boleh ga dipajang, ada Urri, ada temen-temen kantor. Rameee sekali ! Untunglah kami pesen kamar yang super gede. Jadi muat banyak orang hehehe


Malam itu semua pulang, and there's only me, Mas Ardy and our lil baby. Entah harus bersyukur gimana lagi. Maha Baik Allah, Maha Segalanya. Now i can see someone who used to kick me every 5 minutes ! :")

Karena saya masih belajar duduk, perawat mengajari Mas Ardy duluan tentang cara menggendong bayi. Dipikir-pikir sekarang, kemarin itu kita totally clueless ya. Gatau mesti gimana. Gatau cara cebokin, gimana nidurin. Untung anak bayi juga masih bobo-bobo aja. Terus tiap dia pipis kita manggil perawat dong. Karena ngeriiiiiiii !

Ditengok temen kantor Mas Ardy
Dihari kedua saya belajar untuk bangun dan wajib udah bisa berdiri tegak, kateter pun mulai diikat, biar sensor pipis mulai jalan lagi. Tiap mau pipis iketannya dibuka dulu. Hari kedua saya mulai makan banyak sekali. Tiap waktu makan bahagia hehehe

Oh ya. Saya mulai pumping dari mulai hari kedua. Karena anak bayi masih sering tidur dan payudara saya terasa penuh. Hasil pertama pumping baru dapet sedikit. Tapi selanjut-selanjutnya bisa 100ml sekali pumping. 

Malam itu obat penahan sakit habis dan terlambat diberikan, karena masih menunggu dokter apa perlu dikasih lagi atau tidak. Badan saya betul-betul sudah tidak karuan, sakit..pusing. Saya sampai mohon-mohon segera dikasih obat penahan sakit lagi. Akhirnya dikasih tapi malam itu saya pusing luar biasa dan terasa lemes. Akhirnya saya minta anak bayi dibawa keruang bayi saja. Dan langsung kerasa efek punya cadangan asip ! Malam itu saya bisa tidur nyenyak dan anak bayi tetep bisa minum asi. Ya walaupun pas bangun payudara terasa bengkak penuh ASI.

hasil perahan pertama
chubby cheek !

Di hari ketiga kateter sudah dilepas yang berarti saya harus sudah bisa jalan sendiri ke toilet. Feels like toddler ! Jalan berasa berat sekali. Tapi dibantu suami lama-lama saya lancar jalan. Mimiin juga sudah lancar meski masih sakit luar biasa. Hasil pemeriksaan dokter saya sudah boleh pulang, tapi saya minta sehari lagi karena belum merasa pulih. 

Hari ini kita mulai berani ganti popok sendiri. Seru deh, kaya main rumah-rumahan :D





Di hari terakhir infusan sudah dilepas, saya pun juga sudah bisa keluar kamar dan belajar memandikan bayi di ruang bayi. Masih ngeri jadi akhirnya pesan layanan homecare saja untuk mandiin anak bayi seminggu.

This little boy is so loved ! Doa, perhatian dan kado dari orang-orang banyak sekali ! Serius banyak saya sampe gak sangka. Pas ngangkut pulang mobil sampai berangkat duluan bawa kado saking penuh mobilnya. Makasih banyak ya, trully happy and blessed :)




Big thanks sama seluruh pegawai Hermina, spesialnya para suster dan bidan. Baik banget sama sekali tidak ada perbedaan bayar sendiri maupun pakai BPJS. Yang mandiin pun ramah, gak judes sama saya yang rewel sekali, manja dan parnoan ini. Sebelum pulang dikunjungi konselor laktasi juga supaya kita bisa tanya-tanya soal asi. Big salute karena sangat pro asi ! Emang itu sih alasan utama pilih RS ini.

Selama dirumah sakit saya hampir worry free untuk pengurusan anak bayi pun saya. Gak nyesel pilih rumah sakit ini. Datang berdua, pulang bertiga. Hey chubby cheek. Lets go home ! :))

A new adventure is begin.....

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram

Subscribe