Museum Afandi - Jogjakarta

4:06:00 PM

January, 25th 2016

Jujur...saya ngga ngerti seni. Ya cuma suka aja yang bagus-bagus. Ngomongin seni mungkin bakal lebih nyambung sama Urri ucing. Tapi liburan ke Jogja kali ini saya bener-bener minta pengen ke Museum Affandi ini. Penasaran bangeeeet. You  guys know that i always have  a thing with museum, right?

Kafe Loteng - Museum Affandi


Lukisan yang akan diuji keasliannya
Haus dulu :P
Apa yaaaa... sampai dibuat museum kan berarti dalemnya..something special. Mau itu museum sejarah, museum lukisan..apapun saya bakal betah liat-liat. Selama tempatmya ga serem ya ! ehehehe Kerjaan saya yang seringnya dibalik komputer bikin saya haus pengalaman, haus...something different. Dulu sih pas sering tugas luar lumayan yah..bisa tanya dan liat proses bisnis orang gimana. Sekarang? Hanya tumpukan huruf dan angka. Tapi bersyukuuur banget sih sebenernya. This is what i need right now on daily basis.

ternyata muka saya jutek kalau lagi merhatiin




HTM untuk masuk Museum ini hanya Rp 20.000. Itupun dapat satu minuman dan gratis guide. Dari awal masuk sampe akhir ditemenin mbak-mbaknya dan dijelasin cerita tiap lukisan. Seru !

Patung Affandi
Mobil pribadinya

Minta maaf ya sebelumnya. I will not tell story about him or his painting. Karena lupa ! hahahaha waktu gak pake dicatet soalnya. Tapi yang penasaran bisa cek web resminya disini atau twitternya disini .






Gallery 1 Museum Affandi
Mbak nya jelasin panjaaang banget. Dijelasin tentang lukisannya, sejarah hidupnya, kapan ini dibangun, ceritanya gimana. HTM segitu jadi berasa terlalu murah. Anyway..mbaknya cerita kalau design musem ini dibuat oleh Pak Affandi sendiri dan ga boleh dirubah. Lukisan yang ada disini macem perjalanan seni nya beliau. Kalau blog saya, mengutip bahasa teman saya, its my life on words. Museum ini tuh Pak Affandi life's on display.

Gallery 2


Cukup lama saya duduk-duduk di Gallery 1 sebelum akhirnya jalan ke gallery 2. Gallery 2 ini masih isinya lukisan Pak Affandi. Some are for sell. Dan...satu lukisannya bisa beli rumah mewah di Sukabumio hahahaha Ya jelas lah ya. Lukisannya Affandi gitu lho. 

The perks of being a painter's wife is..you will be eternal in his paints. Banyak yah lukisan istrinya, bahkan yang nude. Lukisan anaknya juga banyak. Mas Ardy...gak mau belajar ngelukis? :P



Gallery 3

Di Gallery 3 ada film yang bisa kita tonton. Saya liat gimana Pak Affandi ngelukis...ya ampun pake tangan ! Dimata awam kaya saya, prosesnya tuh kaya ngasal, Eh tau-tau jadi..bagus dan dihargai mahal. But..the sad thing of being a painter is...lukisannya bakal jadi mahal banget saat..pelukisnya udah meninggal. :(

Di gallery ini juga ada lukisan buatan anak dan istrinya. Lebih colorful, saya suka <3 br="">

Gajah Wong Studio

Beranjak ke belakang, kita masuk ke Studi Gajah Wong. Banyak pelukis termasuk anak-anaknya menghabiskan waktu disini. Lukisa-lukisan disini juga dijual. Harganya masih jutaan, beda sama lukisan Pak Affandi yang udah milyar-milyaran.

Ketika lihat kolam renangnya, Mas Suami langsung keingetan dulu suka kesini buat berenang sama temen SD nya. hihihi

So...this is Dedek Bayi first museum trip. Seneng gak nak? Mamanya seneng banget soalnya :))

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.