Biaya Melahirkan di Sukabumi

10:53:00 AM

Selamat Siang !




Kalau yang pernah baca blog saya sebelumnya pasti ngeh kalau blog saya ini ibarat diary saya aja. Tempat saya cerita hari-hari saya ngapain aja, sama curhat juga. Jadi paling yang baca cuma dapet..oh icha udah pernah begini dan kesini toh. Nah, Belakangan saya sering banget buka blog orang untuk dapet ilmu atau pengalaman mempersiapkan kelahiran dan segala tetek bengek setelahnya. Terus jadi sadar, blog orang lain kok berguna ya ? Nah blog saya???
 
Lalu baru sadar top view dari blog saya isinya postingan yang ada detail nya. Ada gunanya buat orang-orang. Tentang nikah, lamaran, prewed, duh apalagi postingan tentang vendor nikah di Sukabumi. Tiap hari banyak banget yang liat, yang komen dan message saya juga banyak. Dan ternyataaaa..menolong orang lain itu menyenangkan !

(Baca juga :Wedding in Sukabumi)

Jadilah saya mikir, saya pengen nulis yang berguna juga, gak cuma diary. Hehehe Semoga kedepannya ada lebih banyak tulisan yang berguna ya. Sementara saya lagi kejar postingan sampai November, ini saya share catatan saya tentang pilihan rumah sakit di Sukabumi dan biayanya untuk melahirkan. 

Semoga berguna !

1. RSI Assyifa 

Kita mulai dari yang paling saya ga ada datanya ya. Ini cuma hasil tanya temen yang kerja disana, pas kebeneran ditanyain temen juga makanya saya line dia untuk minta paketan lahiran disana.

(RALAT : Foto yang saya upload kemarin salah. Yang dibawah ini yang bener dan sudah update untuk biaya 2017)

 

 

 


Yang ini saya gak bisa jelasin banyak, gak kesana juga soalnya. Mohon maaf banget ya, for further information bisa telpon aja ke +62266218762.

Untuk menanyakan klasifikasi operasi dan lain-lain baiknya langsung ke RS aja ya. Karena gak bisa dipukul rata setiap orang. :)

Personal Opinion : RS Assyifa ini enak ya, islami. Banyak bangunan baru juga. Beberapa kali ayah rawat disana perawatnya baik-baik. Cuma saya gak ada rencana lahiran disini karena dokter kandungan saya gak praktek disini. Tempatnya juga lumayan strategis ya. Oh ya..temen yang lahiran disini pada dapet baby photo gitu, lucu deh !

2. Kartika Medical Center

Ini salah satu pilihan saya buat ngelahirin. Kenapa? Karena deket banget dari kantor jadi kalau misalnya sebelum cuti keburu mules tinggal 5 menit aja sampe kesini. Dokter kandungan saya juga praktek disini jadi gampang ya..gak harus ganti dokter dan jelasin macem-macem.



Keliatan jelas gak angkanya? Saya tulis ulang ya, buat jaga-jaga.

Persalinan Normal oleh Dokter (include : operator, DSA, Jasa RS & Sewa VK, Jasa Perawatan Bidan)
1. SVIP: Rp. 3.749.000
2. VIP : Rp. 3.586.000
3. Utama : Rp. 3.124.000
4. Kelas 1 : Rp. 2.982.500
5. Kelas 2 : Rp. 2.587.750
6. Kelas 3 : Rp. 2.123.000

Persalinan Normal oleh Bidan (include : operator, Jasa RS & Sewa VK)
1. SVIP: Rp. 1.897.500
2. VIP : Rp. 1.815.000
3. Utama : Rp. 1.675.000
4. Kelas 1 : Rp. 1.501.500
5. Kelas 2 : Rp. 1.331.000
6. Kelas 3 : Rp. 1.090.000
 
Persalinan Sectio Caesaria (include : operator, DR Anesthesi, DSA Jasa RS & Sewa VK, Jasa Operator & Anesthesi, Jasa Perawatan Bidan)
1. SVIP : Rp. 11.072.000
2. VIP : Rp. 10.590.500 ( itu digambar keinput 2 kali DR Anesthesi sama DSA nya)
3. Utama : Rp. 8.947.500
4. Kelas 1 : Rp. 8.450.000
5. Kelas 2 : Rp. 7.386.500
6. Kelas 3 : Rp. 5.501.500

Nah itu ya..jangan lupa dilihat itu harga belum termasuk biaya kamar, obat, biaya pemeriksaan penunjang dan administrasi. Untuk harga kamarnya ada difoto bawah ini ya.



Personal Opinion : Disini karena bangunan baru masih pada bagus ya kamarnya. Perawatnya juga oke. Cuma testimoni dari beberapa temen yang dulu lahiran disini nyaranin kalau mau lahiran disini bilang dengan tegas kalau mau ASI saja. Beberapa tahun yg lalu soalnya suka dikadoain susu formula, sekarang sih ngga ya. Beberapa temen yang lahiran disini tahun ini bilang kalau sekarang udah oke lah, pro asi. So have no worry ya ! :)

Plus point, disini setiap sabtu sore jam 4 ada prenatal yoga yang sumpah enak banget ! Saya baru tau di minggu-minggu terakhir. Sangat membantu untuk mengurangi segala pegal-pegal. Bayarnya Rp. 30.000 per pertemuan. Kalau tau dari awal mungkin dari trimester dua udah rajin ikut yoga. Works on me better than belly dance.

More information call 0266 6250905

3. RSIA Hermina Sukabumi

Nah yang ini...saya bisa jelasin panjang lebar banget karena saya lahiran disini. hehehe

Sebenernya ini rumah sakit pilihan pertama saya, kenapa? Karena sangat pro ASI. Dan karena dokter kandungan saya juga praktek sini. Di Hermina ada pertugas PMO yang khusus stand by buat ditanya-tanyain perihal melahirkan disini. Sekarang setelah direnovasi petugas PMO ada di lantai 4 ya, kalau dulu sih dilantai 1 seberang farmasi.

Dari petugas PMO ini saya tau Hermina punya paketan biaya lahiran yang udah all in. Ringkes, jelas, gak perlu ngitung-ngitung lagi. Enaknya lagi..ada DEPOMIL disini. Apa itu DEPOMIL? Lupa panjangannya apa hahahaha Yang jelas semacam tabungan melahirkan,

 

Jadi kita bisa nabung perminggu perbulan atau perberapa kali untuk paketan melahirkan yang kita pilih. Dan ada diskonnya juga kalau tabungan kita sampai 20 % dari total biaya yang nanti dikeluarkan. Diskonnya 5% ya. Kalau tabungannya lebih dari 50% diskonnya 7.5%. Lumayan kaaaaan.

Buat saya sih lumayan banget. Waktu itu saya nyimpen DEPOMIL 10 juta. Itung-itung misahin uang aja biar gak belibet sama pengeluaran yang lain. Enaknya lagi adalaaaaah..kalau kita ikut DEPOMIL dan reservasi melahirkan yang cuma Rp. 20.000 kita dapet fasilitas-fasilitas dibawah ini. Saya jelasin satu-satu ya..


Bedah Fasilitas :
1. Konsultasi ke PMO gratis, cuma diluar jam kerja susah banget di telpon atau disms bidannya. Ya maklum lah ya..punya kehidupan pribadi juga. Saya lebih prefer sms dokter kandungan sih kalau ada kedaruratan.
2. Senam hamil gratis, BENER BANGET. Disini senam hamil 2x seminggu. CMIIW ya takutnya udah ganti, hari Rabu sore dan Sabtu Pagi. Rabu senam pernafasan dan Sabtu belly dance. Senam pernafasan seru sih, diajarin posisi ngeden, cara ngeden, segala macem lah. Diakhir kelas pasti curhat-curhatan sama bidannya. Kalau yang belly dance saya gak terlalu suka...ya just because i cant stand seeing my self moving weird on the mirror. hahaha
3. Kursus pra persalinan, ya..pas selesai senam hamil tadi. Terus pulangnya suka dikasih bubur kacang ijo atau susu. Happy !
4. Diskon Pemeriksaan Gigi : saya gak pakai jadi gak tau bener apa ngga
5. Diskon Lab : Gak saya pake juga, soalnya saya lebih sering kontrol ke klinik dokternya, jadi pas cek lab juga ke Vita Medika gak ke Hermina. Kalau tau dapet diskon sih mungkin saya pake ahahahaha waktu tes lab belum ikut depomil soalnya.
6. Kursus Pijat Bayi : Bener, abis melahirkan dikasih 3 kupon untuk dipakai kursus pijet bayi di Klinik Tumbuh Kembang.
7. Senam Nifas. Serius saya gak tau ada senam ini dan ga dikasih tau juga kapannya. Jadi gak tau ya beneran ada apa ngga.
8. Kursus perawatan bayi : bener. Di hari-hari kita rawat setelah melahirkan kita diajarin segala macem dan dibekali panduan ngurus bayi gimana.
9. Konsultasi Laktasi : bener. Pas rawat inap didatengin konselor asi dan diobservasi pelekatan kita udah oke apa belum dan dikasih tau ilmu ilmu seputar asi dan menyusui
10. Akta Kelahiran : Bener. Malah berikut KK nya juga.
11. Foto Bayi : Gak bener. Soalnya gak ada tuh yang motoin selama saya disana. (RALAT : Setelah saya email akhirnya RS minta dikirimkan foto Keenan dan dibuatkan buku foto lahirannya. Kemarin katanya missed aja petugasnya. Hehehehe )
12. Kunjungan rumah : Gak bener juga. Ketika akhirnya saya pesen homecare bidan karena belum bisa mandiin juga sama sekali gak dibahas kalau dapet free kunjungan rumah.
13. Jemput Ambulance : Bener, Tapi gak saya pake ya soalnya saya gak darurat ngapain pake ambulance segala.
14. Naik kelas kalau ruangan yang dipilih kosong : Bener. Saya sih gak ngalemin karena dari awal udah pesen kelas yang paling atas.

Over all..saya puas ngelahirin disini. Dokter, bidan, perawatnya baik dan ramah. Makanan enak, buat pasien dan yang nunggu. Ruangan juga dibersihkan berkala, kita juga ada petugas yang bantu mandiin / lap setiap hari. Perawatnya jam berapapun di bel dateng dan ngelayanin seabsurd apapun permintaan kita. Saya udah cerita kan di sini kalau saya awal-awal ga berani ganti popok bayi? Jadi ya...tiap pipis tiap panggil perawat. 
Dan mereka PRO ASI BANGET. Selama 6 jam observasi pasca melahirkan anak saya gak dikasih apa-apa, saya petama mimiin juga dibantuin karena tangan masih penuh selang infusan, saya bolak balik minta dicuciin pompa dan disterilin mereka juga gak apa-apa. Malah diajarin juga cara nyimpan asip. 

Apa lagi ya?

Oh sebelum pulang saya macem dites mereka udah tau belum basic knowledge seputaran newborn. Dikasih tau juga gimana ngerawat bayi, segala mitos, sampai cara nyimpen baju bayi aja dikasih tau. Senang ! Terus dikasih nursing cover sama toiletris anak bayi juga, tadinya malah mau dikasih diaper bag tapi lagi keabisan. Oh ya selama di RS juga anak bayi pakaian dan popoknya disediakan oleh RS. Jadi kita cuma bawa popok dan pakaian untuk pulang saja.

Saya total lahiran disana 25 juta karena caesar dan minta obat paten semua. Pakai BPJS juga, sesuai kelasnya. Kalau kelas 1 ibu dicover 5 juta dan anak 2.5 juta, sisanya ya pasien yang nanggung. Jadi ibu-ibu begitu mau melahirkan minta surat pengantar ya dari dokter kandungan untuk buat BPJS anak. Kan lumayan kalau kalau caesar bisa dapet tambahan coveran BPJS. Kalau normal BPJS anak gak ngaruh ya..cuma yang ibunya aja.





sumber : web bpjs

Itu ya coveran BPJS nya, asuransi lain gak pada mau ngecover melahirkan karena....itu bukan sakit ya ! Itu anugrah hahaha

Oh ya..rumah sakit juga gak mau nerima pasien BPJS kalau melahirkan normal dan tanpa kedaruratan. Karena menurut BPJS melahirkannya di Puskesmas saja. Tapi kalau darurat ya diterima. Kalau caesar baru diterima di RS. Eh tapiiiii...kemarin ngobrol sama PMO nya kalau kita naik kelas ke VIP / SVIP boleh kok kita melahirkan normal pakai BPJS. 

Oke, mungkin segitu ya.. Kalau ada yang mau tanyakan boleh banget, atau ada yang perlu dikoreksi kasih tau aja. 

Semoga infonya berguna ya :))

You Might Also Like

11 comments

  1. Mau tanya dong istri saya lagi hamil 5 bln d suruh cek lab sama dokter d vita medika kira2 biaya nya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, kslau kemarin saya sekitar 700. Cuma tambah pengecekan darah apa ya itu kemarin lupa. Sekitar segitulah ya. :)

      Delete
    2. Terima kasih info nya 🙏🏻

      Delete
  2. Mba mau tanya, rencana nya sy mau lahiran disana juga.. mengenai depomil itu yg di cover 7.5% itu dr total biaya lahira atau hanya selisihnya saja dr jumlah cover asuransi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kita tabung depomil 50% dari total biaya lahiran, kita dapet diskon 7.5% dari selisih total biaya - coveran asuransi.

      begitu kalau saya gak salah inget hehehe

      Delete
    2. Oke sip makasih mba.. btw dokter kandungannya yg dihermina siapa ya? Kalo boleh tau kenapa d caesar ya mba? Sy lg cari dokter yg pro normal.. kmrn ke hermina disaraninnya caesar..

      Delete
    3. Kemarin sama Dr. Eddy d Amandari. beliau pro normal kok. Kemarin aku caesar karena pas USG terakhir bayinya 3,8kg, ada lilitan. Posisi kaki bayi ketekuk parah jadigak bisa dilamain lagi. Sedangkan waktu itu udah 39 minggu 3 hari tapi gak ada kontraksi apa-apa. Pilihannya induksi atau caesar. Aku pilih caesar karena gak mau ambil resiko divakum. hehehe

      Delete
  3. Mba waktu lahiran diminta surat rujukan dr faskes 1 ga ya?

    Mba aku juga skrg udah 39w 3hari tp blm ada kontraksi, itu kalo di induksi harus di vakum jg? Bknnya cm dikasih perangsang biar mules ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, diinduksi supaya mules. Cuma kemarin bayi saya kan besar, perkiraan dokter agak sulit. Jadi diawal dikasih tau, 'bu kalau mau induksi silahkan..tapi nanti kalau gakkuat ngeden ada kemungkinan di vakum'. Gitu mbak, cuma saya gak mau banget divakum hehehe

      kemarin ngga pakai ruukan karena ambil svip. Sebelah saya sewaktu di ruang vkok diminta surat rujukan. Jadi baiknya ditanya lagi aja mbak..takutnya aturannya sudah berubah.

      Delete
  4. Assalamu'alaikum., mba mau tanya donk klo di tital-total biaya melahirkan di rs.kartika sma rs.hermina lbh murah dmn yh.,?? aq lg hamil 6bln skrg., jd lg cri info., mksih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. punten teh saya ga apal totalnya yg dikartika, dijumlah2 dulu aja teteh itu diatas. mau kelas berapa2nya. hehehe

      Delete

Powered by Blogger.