Baby Blues (?)

2:48:00 PM



Yang kenal saya pribadi pasti tau deh kalau saya ini orangnya panikan dan parnoan. Apalagi kalau menyangkut tentang keluarga. Waktu magang dulu saya sampai jadi omongan kantor karena sering izin waktu ayah ibu bergantian masuk RS. Ya gimana..saya gak ada orang lain lagi yang bisa jagain mereka, dan untuk sekedar kerabat..saya gak bisa mempercayakan keluarga saya sepenuhnya ke mereka. 

They have to be treaten right and im there to make sure of it.

Yeeep, Im a family-woman. So, for me family always comes first.
 
Ini agaknya karena Ayah saya juga begitu. Sepenting apapun rapat atau kerjaannya..kalau anaknya sakit beliau berani izin. Jadi dikepala saya..itu yang harus dan akan saya lakuin ke mereka dan keluarga saya kelak. Bener ya..orang tua itu sebenar-benarnya sekolah pertama untuk anaknya.

Nah. Waktu saya hamil segala kepanikan dan keparnoan saya menjadi-jadi. Apalagi karena saya banyak gak taunya. Thats why i have plenty books about it. Karena saya butuh tau. Supaya saya tenang. Dimasa hamil juga saya mulai baca-baca tentang melahirkan dan mengurus newborn. Segala buku asi dibeli, segala artikel parenting dibaca.

Dan kemudian saya nemu artikel tentang baby blues. Pertama baca saya kok heran ya..punya anak kan sesuatu yang membahagiakan. Kok bisa malah stress dan malah sampe depresi? Tapi karena saya ngerasa saya panikan..saya jadi agak takut kalau sampai ngalamin itu. Saya sampai share ke suami untuk ikutan dibaca lebih dalem. Karena kalau kejadian, pertolongan pertama ya..suami. 

Begitu melahirkan..bahagia banget ! Seperti yang saya tulis di postingan saya sebelumnya (ini) sewaktu di RS saya almost worry free. Sampai ngebatin, ngga lah saya kayanya gak kena tuh baby blues

Pas sampai rumah kita tiduran dikamar bertiga, feels so lovely banget. Sampai tiga-tiganya ketiduran dan pas bangun panik anak bayi tidur sore gak pake selimut. Makin panik pas kemudian dia muntah/gumoh. Langsung ngerasa bersalah karena bisa-bisanya gak diselimutin. Takut masuk angin, takut kedinginan. Ditambah waktu itu saya juga lagi stress karena belum pup 2 hari tapi terlalu takut untuk ngeden. (Bu Ibuk kalau ngalamin pakai pencahar aja, gak apa-apa kok. Habis caesar mau ngeden boleh-boleh aja, jongkok juga gak apa-apa :) )

Hasilnya? Malam pertama pulang kerumah saya nangis dikamar mandi. Merasa gak becus jadi ibu, gak bener jagain anak. Kasian sama anak punya ibu macem saya yang gak ngerti harus gimana. Langsung saya dipeluk suami dan diyakinkan kalau Its okay. Our Baby is okay.

Besoknya dimandiin suster Hermina dibilang anak saya mulai kuning, disuruh mimiin setiap dua jam. Alhasil saya semaleman hampir gak tidur karena Keenan gak mau bangun. Kok aneh ya? Jadi gini. Tiap dua jam sekali ngebangunin tapi gak langsung bangun kan, dikelitikin dulu, diganggu-ganggu dulu tidurnya. Sekalinya bangun mimi cuma 5 menit langsung tidur. Its takes me an hour to finally give up and let him sleep. jadi ya saya cuma punya sejam kan. Itupun kadang saya gak tidur kalau Keenan miminya cuma bentar-bentar. Pada saat itu saya masih belum berani mimiin sambil tiduran. Soalnya dibilangin dokter kalau bisa jangan, takut anaknya ketindihan pas ibunya ketiduran. Kan bahaya tuh. Jadinya saya mimiin sambil duduk semaleman, sambil nahan sakit jahitan dan payudara yang lecet.

Semakin hari Keenan semakin kuning padahal udah usaha banget biar mimi. Kontrol beberapa kali sampai akhirnya harus disinar di RS. Nangis lah udah. Pagi sampai malem di RS ngintipin Keenan disinar sambil was-was hasil pumping cukup apa ngga buat konsumsi Keenan. Pada saat itu suami sudah mulai masuk kerja  so i was really alone. Malem hari tiap dua jam bangun untuk pumping, masukin kulkas, cuci peralatan. (waktu itu saya belum tau triknya. Kalau pumping ga mau langsung cuci masukin aja pompanya ke zip lock, terus taro kulkas. Jadi gak kotor dan gak basi sisa asinya)

Begitu Keenan boleh pulang miminya jadi jagoan banget. I can stay awake all night for him. Kadang..Keenan gak mau ditidurin, harus digendong, harus jalan-jalan, harus denger air. Sehari cuma bisa tidur 2-3 jam. Ibu saya juga lagi full kegiatan kadang cuma sempet ke kamar nengok itu jam 6 pagi. Dan jam 7 udah harus siap-siap. Sejam yang saya nantikan banget karena bisa saya pake buat tidur. Iya, saya belum punya baby sitter atau bibi untuk jaga Keenan. Susah nyarinya, ada bibi yang jaga rumah..but like i said, i dont trust stranger. Takut malah ga bener jagaian Keenannya.

Dan lecetnya payudara saya itu level berdarah-darah sampai abis mimi Keenan muntah darah. Kebayang dong paniknya kita tengah malem ke IGD karena kaget Keenan muntah darah banyak banget. Yang langsung diketawain dokter karena ternyata darahnya dari payudara saya. Sakit ga? banget. Tiap mimi saya bisa jerit-jerit dan nangis. Sampai berkali-kali saya masuk IGD juga karena demam dan menggigil. Padahal saya khatam lho ilmu pelekatan, konsul ke konselor asi aja sampai 2 kali tapi tetep lecet.

Disinilah baby blues saya muncul.

Saya mulai ga banyak ngomong, tiap mimiin saya nangis kadang sampai pukul atau ngerames bantal. Serba-salah, dimimiin sakit, ga dimimiin bengkak, sakit juga. Dipompa ga keluar malah makin lecet. Lama-lama kaya gitu mulai stress,  mulai gak ngapa-ngapain, makin diem, makin tenggelam di pikiran sendiri. Menjelang malem saya kepengen nangis. Saya takut banget ngadepin malem karena Keenan pasti bangun, minta mimi, pipis, saya pasti bangun, ganti popok, mimiin, sakit..sakit dan sakit.

Suami saya sebenernya sangat kooperatif. Kadang malem dia yang gantiin popok (kita masih pakai popok kain untuk ngecek kecukupan asi). Cuma saya yang gak enakan karena dia besoknya kerja. Jadi seringnya saya gak bangunin. Dia sering meluk, nyemangatin, he did his part quite well.

Sampai akhirnya saya ga tahan, saya nangis, habis magrib nangis lebih-lebih dari diputusin. Dan celakanya, sambil melukin saya yang nangis, suami saya ketiduran. Jreng jreng.

Saya yang sadar suami saya ketiduran langsung emosi. Istrinya lagi nangis gini bisa-bisanya ketiduran ! Setelah itu saya marah sampai ga bisa ngomong, ga bisa makan. Pikiran saya gak bener banget. Sampai ada suara dikepala saya ngetawain 'Siapa suruh pengen punya anak?'. Ngerasa kaya sendirian, makin lama makin tenggelam dipikiran jelek sendiri.

Saya tau saya mulai ngaco, cause when i tried to sing didn't rememeber any song, i didn't want to chat or talk to friends or even husband and parents. I didn't want to go outside, i didn't take care of my self,  Berat badan saya turun sampai 5 kilo. Sampai dititik saya gak mau lihat Keenan. Saya tetep mimiin tapi saya gak mau liat.

Please jangan bilang saya kurang iman, karena bahkan saat itu adalah saat saya paling dekat dengan quran. Tapi ternyata...saya tetep kena baby blues.

Untungnya suami saya beneran cepet tanggap, setiap hari selalu nyemangatin saya, muji-muji bahkan saat saya gak mandi, dia selalu ngingetin saya pakai "Duh Keenan lucu banget ya sayang, coba sini liat ini anak kita" Bikin saya dikit-dikit melunak. Sampai akhirnya saya nangis lagi sambil cerita yang saya rasain itu kaya gimana. Nangis sampai plong banget. Semuanya keluar yang saya simpen sendirian.

Here's to you new mom, suami-suami kita juga sama. Ini pengalaman baru untuk mereka, capek, belum terbiasa, ngantuk..mereka sama ngerasain juga. Dipikir sekarang mempermasalahkan dia yang ketuiduran jadi konyol banget. Meski pada saat itu rasanya seperti dibuat tidak berharga. Jadi, bu ibuk perbesar toleransi ya. Kita kan sama-sama belajar jadi orang tua.

Dari situ saya mulai berniat untuk bangkit. Saya gak mau baca atau dengar yang negatif. Saya mulai ajak ngobrol Bibi, mulai nonton tv dan dengerin lagu. Saya mulai nyanyi. Saya mandi dan berpakaian rapi. Saya juga ga segan bangunin suami kalau saya mau ditemenin. Suami saya mungkin jadi lebih capek, tapi lebih mending capek gara-gara nemenin istrinya begadang daripada capek ngurusin istrinya kalau ga waras. Saya juga bilang sama diri saya sendiri...Allah ngasih saya anak berarti Allah menilai saya mampu untuk mengurusnya.

Ada satu artikel yang pas banget saya baca waktu Keenan gak tidur-tidur semaleman,

Finally, and maybe most importantly, you need to remember that…..

….this stage of life is beautiful, too. Like, really really beautiful. This is the stage of life where every single older person you ever meet tells you, "you're going to miss this". And you already know it's true. 
It's the stage where your kids love you more than they are EVER going to love you again, for the whole rest of your life. 
It's the stage where they can fit their entire selves into your lap to snuggle…and they want to. 
It's the stage where their biggest problems ARE ear infections and teething and stomach viruses, and you're not having to deal yet with things like broken hearts or addiction or bullying. 
It's the stage where you are learning to love your spouse in an entirely different…harder…better… way. 
The stage where you are learning together, being stretched together, shedding your selfishness together, and TRULY being made into "one". 
It's the stage where you get to see Christmas, Halloween and the Fourth of July through your kids eyes, and it's so much more fun and magical than it would be just through your own eyes. 
It's the stage where you get to watch your parents be grandparents…and they're really good at it.
 It's the stage of life filled with field trips, class parties, costumes, swim lessons, bubble baths, dance parties, loose teeth, and first steps. And those things are so fun. 
It's the stage where you are young enough to have fun, and old enough to have obtained at least SOME wisdom. 
It's SUCH a great stage.

But, man it's hard.

Saya langsung ngerasa tertampar dan tersadar. Dari situ ngerasa kalau saya mulai waras lagi. Kepala saya udah positif. Saya mulai berhenti nangis, saya mulai menikmati segala prosesnya. Dan Alhamdulillah, just like what i read in the secret. Ketika kita berpikir positif, maka semesta pun memberi yang positif. Lecet saya berangsur membaik, tentu setelah saya akhirnya mau keluar rumah dan pergi ke dokter kandungan (lecet payudara yang berhak ngasih obat dokter kandungan ya ibu-ibu, dokter anak gak mau kasih saya obat waktu saya kontrol anak bayi), Keenan juga mulai tidur agak panjang- sejam-dua jam dan saya bisa istirahat, saya bahkan mulai bisa menabung ASIP. 

Yang terpenting dari semuanya adalah...hubungan saya, suami dan Keenan. Sungguh beruntung sekali punya suami seperti Mas Ardy, saya gak yakin..kalau tanpa dukungan dan sikap cepat tanggapnya baby blues saya bakal berlalu. 

So for pregnant mommy out there, mulai baca tentang baby blues ya. Dan persiapkan mental karena tantangan mengurus bayi baru lahir itu luar biasa ! Terus dinikmati aja..bener kok, ternyata cuma sebentar. Sekarang saya nulis ini Keenan sudah 6,5 bulan dan saya beneran kangen Keenan kecil yang kalau tidur sampai harus saya liatin takut ga gerak. Sekarang? Tidur ngabisin tempat mamanya ! hahaha

And for all the single lady, please...cari calon suami yang gak banyak drama, yang menghargai dan sayang betulan sama kamu. Supaya kewarasan pasca menikah dan punya anak terjaga.

dari path nya afril.
Kalau buat para pria jelas pesannya ya..tolong ikut serta mengurus anak. Dibantu istrinya, she needs you. And for all the kids..lets loving our Mom more than before. Karena ternyata perjuangan mereka luar biasa. Saya aja nyesel dulu pernah mikir gak disayang Ibu :(

Sekian tentang baby blues yang saya alemnin. Semoga sih gak pada ngalamin ya ! But if you ever feel quite like this and needed a friend. Please reach me, saya selalu siap dengerin.

Have a good day !

You Might Also Like

8 comments

  1. Teteh..sama.. aq jg baby blues.. pdhl nggak ngalamin lecet2 kya teteh gtu.. tp mmg baby blues g hrs ada penyebabnya,tiba2 sedih aja,nangis muli, tkt ngadepin mlm. Waktu aq nangis aq sampe bikin mertua,mama n kakak iparku ikutan nangis..hehe..itu dikelahiran anak pertama,tak pikir aq udah pny penhalaman jd g bkl bgtu,tnyta aq salah..itu tjd lg sama aq..

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh. semoga nanti anak kedua aku gak nglamin lagi.
      serem soalnya. :((

      Delete
  2. Tulisan yang bagus. Ah. Karena saya belum nikah dan tahu rasanya baby blues. Hebat mbak akhirnya bisa melewatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbaaak, ada suami yang bantu lewatin. Kl sendiri gatau deh hehe

      Delete
  3. ikutan sedih bacanya, memang perjuangan seorang ibu luar biasa.. semua bagian tubuhnya yang belum pulih pasca melahirkan, masih harus berjuang menghidupi baby yg membutuhkan setiap waktu, ga pagi ga malam.. Tidak bisa diungkapkan dengan kata bagaimana luarbiasanya menjadi ibu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa...aku pun langsung berubah liat ibu sendiri. Bener kata orang, setelah melahirkan bakal jauuuh lebih sayang sama ibu sendiri. Kalau sudah merasakan :')

      Delete
  4. i shud hv written bout it too! bhkan setelah anak kedua pun, aku msih ngalamin baby blues. Jadi, yg baru punya anak 1, jgn dikira nanti pas punya anak kedua ketiga dst gak bkalan ngalamin baby blues lagi, hahahhaha. We're stronger than ever before, woman! ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. please...ntar kl aku hamil lg (which is semoga pas Keenan udah 2 taun yah !) kamu harus tetep dengerin parno-panik-riweuh-mellow nya aku ya ! hahahaha

      Delete

Powered by Blogger.