Wedding in Sukabumi

3:20:00 PM

Postingan ini dibuat karena kesel.
Kesel pas nyiapin nikahan kemarin jarang banget nemu ulasan vendor nikahan di Sukabumi yang update. Ada sih, tapi tahun kapan tau. Udah ga bisa dipake patokan.
Kesel juga karena capek jawabin pertanyaan orang-orang soal nikahan kemarin. hehehe 

So..semoga rangkuman vendornya bermanfaat ya ! Dan jangan ikut-ikutan kesel karena its gonna be a very long post ! *cross finger*

Gedung Resepsi

Mari kita mulai dari hal yang paling krusial dari mempersiapkan resepsi...Yes. Gedung Resepsi.

Di Sukabumi ga terlalu banyak gedung yang tersedia untuk dipakai. Yang bisa nampung banyak apalagi, hitungan jari doang. Beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk pusat kota yaitu :

1. Gedung Anton Soedjarwo SECAPA POLRI    
Gedung ini yang aku pakai karena dia cukup luas mengingat undanganku yang banyak. 1100 pieces undangan! Belom lagi yang via whatsapp, facebook, bbm, web...dan yang secara lisan. Jadi memang kapasitas gedung sangat sangat aku prioritaskan. Selain itu gedung Anton juga parkirannya luas, kalau parkiran gedung ga muat bisa dijalan dan di parkiran mesjid. Yes, Mesjid Agung juga sebelahan, deket. Enak buat yang akad nikahnya pengen dimesjid kaya aku. Di gedung ini juga ada ruangan VIP, VVIP dan ada lahan cukup besar dikanan gedung untuk nambah tenda. Enaknya disini ga ada pungutan liar, jadi harga yang kita bayar ya udah semua. Petugasnya juga ramah dan perhatian banget. Awal-awal booking saya malah sempet book 2 tanggal, karena galau mau diklat. Cuma karena petugasnya memang pegawai secapa kita cuma bisa kesana tanya-tanya pas jam kerja. Namanya Ibu Dini, bisa telpon ke 0857 2088 7379. Untuk book kita bayar DP satu juta sajaaaaaaa. Minusnya gedung ini cuma satu..penuh terus ! mau book minimal 7 bulan lah ! Aku kemarin lagi beruntung karena kalender pendidikan SECAPA belum fix jadi beberapa bulan masih dikosongin, pas ternyata gedungnya ga kepake SECAPA bisa aku book deh :D


2. Gedung BBAT
Honestly aku ga nanya-nanya gedung lain sih. Soalnya dari dulu udah yakin kalo nikah ya di SECAPA. Tapi share info aja. Ini gedung BBAT juga bagus, parkiran luas, lebih murah cuma gedungnya lebih kecil dari SECAPA. Cuma...dari orang BBAT yang rutin laporan kekantor tiap bulan aku jadi tau. Mereka sekarang membatasi persewaan gedung buat pernikahan. Soalnya semenjak ada aturan PNS ga boleh bikin acara di hotel, Departemen Perikanan suka bikin acara di Sukabumi. Nah kadang mereka baru ngasih tau sebulan atau dadakan lah. Kan kasian kalau ternyata tanggal itu udah ada yang book. So girls, pertimbangkan lagi ya!

3. Grand Ballroom Hotel Pangrango Sukabumi
Ini Bagus tempatnya, ya namanya juga hotel, cuma ya kecil dan agak jauh dari pusat kota. Buat yang pengen wedding malem-malem dipinggir kolam renang keren banget itu. Romantis ! Kalau undangannya ga banyak mungkin ambil tempat ini.


Tempat Akad Nikah

Kebanyakan orang akad nikahnya di gedung resepsi, cuma kalau aku di mesjid. Biar berasa aja gitu feel nya. Beruntung gedung yang dipilih sebelahan sama mesjidnya. Mesjid Al-Muttaqin namanya, Mesjidnya boleh kita hias, asal sejam sebelum jam solat udah bersih lagi. Disini gak ada tarif-tarifan. Kita cuma diminta ngasih infaq aja. 

Katering

Yang paling menentukan dalam budgeting adalah.....yak harga katering ! Setelah mencari-cari ada dua vendor katering yang udah megang banget di Sukabumi, :

1.AC Catering
Jadi dulunya katering ini yang paling hits di Sukabumi. Ibu juga cerita dulu katering pemda, katering nikahan temennya dari sini semua. Yang punya udah tua banget, pensiunan telkom kalau ga salah. Orangnya ramah, dia cuma nerima satu job perhari Plusnya disini jajanan gerobaknya murah-murah. Minusnya kalau kita mau ambil jajaran gerobak dari luar kita mesti bayar buat stand dan alat makannya, dan mesti dapet approval juga dari ibunya jajanannya bagus apa ngga. Makanannya agak jaman dulu, dekornya pun gitu. Ya maklumlah, namanya juga udah tua. Anyway, DP 10% untuk book catering ini.
Untuk alamatnya agak jauh, di Jalan Jeruk Nyelap No. 112 Pelabuhan II Km. 5 Sukabumi. Bisa telpon di 0266 227788

2. Shafa Catering
The rising stars. Dulu pas lamaran mau pake AC tapi dia ngga bisa akhirnya coba ke Shafa. Jadi ceritanya Om Shafa ini dulunya kerja di AC, terus dia keluar dan bikin catering sendiri. Karena masih muda ya, jadi masakan dan dekornya up to date. Orangnya ramah banget. Deket juga, seberang UMMI doang. Ngerasa cocok sama masakannya pas lamaran akhirnya pas resepsi pake dia lagi. Paketannya udah lengkaplah, main course ada, salad ada, puding, jus buah, rujak, yogurt dll lah selayaknya buffet gimana.
Kalau harga hampir sama lah sama AC. Anyway...Beruntung seberuntung-beruntungnya pas book itu BBM belum naik, dia professional banget gak minta ditambah tetep diharga awal kesepakatan. Seneng deh ! Konsep pernikahan juga dia bisa sangat menyesuaikan. Cuma....disini harga makanan gerobakannya mahal banget. Tapi dia bolehin kita ambil jajanan gerobak dari luar. Dia nyediain stand dan alamat makannya yang beribu-ribu itu...GRATIS ! Tiap rapat juga dia mau dateng dan bantu kita. Im a happy Customer ! 
Kalau mau book dia cuma minta tanda jadi, kemaren malah cuma ngasih 3 juta doang. hahaha
Om Shafa 0815 6337 5666 / 0821 2321 1666

Jajanan Gerobak

Jadi kita kan test food gitu...tapi test food nya dinikahan orang biar lebih dapet feel nya. Nah, pas nyoba jajanan gerobak dari Shafa itu gak terlalu enak, kecuali Zupa soupnya..enak banget ! Akhirnya kita ambil jajanan gerobak dari luar deh.Mostly makanan fovorit kita (SAYA) hahaha. Cuma sedih banget ga jadi ada martabak telor. huhuuhu By the way ini list nya :

1. Batagor dan sate dari Shafa Catering, gratisan ciiiin, lumayan dapet 600 porsi masing-masing.
2. Zupa sopu : dari Shafa Catering. 
3. Bakso : dari Bakso SMEA. Jadi sahabat deketku itu yang punya nya, jadi dapet murah banget. Pesen 800 porsi tapi sampe selesai juga masih sisa. Kayanya dibonusin banyak deh hehehe Bisa telpon ke 0856 2320060
4. Takoyaki : dari Garuda Ramen yang jualan di Food Court Yogya Dept store. Ini kebeneran juga yang punya itu temenku, namanya A wega. Sampe akhir acara selese juga masih banyak. Wega 0896 1666 1620
5. Crepes : dapet dari Wisata Kuliner Slamart 085720926376
6. Eskrim : dari agen campina. Nyesel karena ngilangin nomor yang pegang Campina di Sukabumi padahal tiap ketemu dia pas laporan suka nawarin. Gak apa-apalah, dari agen campinanya juga udah murah. Cumaaa aku ga punya no tlp nya. Bonnya ilang haha
7. Dimsum : dari depan tempat les biola. Hahaha jajanan tiap nunggu, so far dimsum paling enak di Sukabumi. Depan Purwacaraka Sukabumi, nomor telponnya ilang. hehe


Dekorasi 

Sempet galau karena ini, kenapa? Karena dekorasi di Sukabumi ya itu-itu aja karena ya salonnya itu-itu aja. Kaya cuma ganti orang doang. Tapi untuk nyari dari luar kota udah kehabisan energi dan kehabisan waktu. Waktu itu kan diklat juga hampir sebulan dan sempet kena typus juga. Ngebayangin ambil vendor dari luar Sukabumi keburu takut duluan, takut ga bisa ngehandle. Akhirnya setelah galau lama aku memutuskan pake jasa WO tapi karena sebagian besar udah kami urus, WO hanya menghandle hari H, siraman, dekorasi, make up, kue pengantin, dan minor detail lainnya. Anyway, untuk sebagian dekorasi akhirnya diambil dari Salon Nina Cianjur. Cuma untuk detail dekor yang lain aku ngga begitu hafal, setauku memang diambil dari beberapa vendor karena mencari yang paling bagus. Seperti misalnya kain-kain itu diambil dari vendor lain, kursi-kursi dari vendor lainnya, ac dari vendor lainnya..nah itu semua diatur oleh WO ku. So, fore more detail contact WO ku yaaa :)

Salon-salon yang nyediain paketan pernikahan tuh banyak, ada Salon Sherly yang kemarin dekornya aku pake buat lamaran ( 0815 729 9958), ada Winny Salon, Betty Salon, dan banyak lainnya. Yang sempet aku datengin cuma Sherly. Lainnya cuma liat pas diundang orang aja. Banyak yang nanya kenapa ga ambil Sherly? Here's the reason. No offense to anyone ya. 

Di salon Sherly terlalu banyak calon pengantinnya. Satu hari dia bisa megang 3 resepsi, serem banget. Aku mau cuma yang satu hari satu resepsi biar fokus. Kedua, i dont feel okay with the make up result. Ketiga, tiap mau nyari liat-liat baju pengantin pasti pada ga ada terus. Lagi diluar lah..apalah. Udah sekian.


Wedding Organizer

Gak pernah kepikiran nikah bakal pake WO, karena kaya seru nyiapin ini itunya. Tapi karena alasan-alasan diatas (yes, scroll it up!) akhirnya pake, ketemunya pun ga sengaja. Lagi di tempat Takoyaki ditanyain teh Ilmi ada yang belum terus cerita galau dekorasi dan make up. Ditawarinlah mau ga ama cowok, namanya Umiew Ivan, yang make up-in dia nikah dulu. Terus pas ditelpon dia lagi deket-deket situ juga. Ketemuanlah. Nah....pas ngobrol ngerasa klik.

Susah banget bikin orang ngerti aku tuh maunya gimana...dia, out of blue tau aku maunya gmn. Dan langsung ditunjukin dekor-dekor yang pernah dia bikin gimana. Pas ketemu itu aku juga ngeh, dia yang sempet dandanin sodaraku. Bagus hasilnya. Cuma waktu itu dia belom aktif instagram or else, jadi agak remang-remang. Cuma liat foto di hp nya, testimoni dari klien terakhirnya dan video liputan wedding orang yang dia pegang.

Galau selanjutnya karena....dekornya seharga 4x lipat dari pasaran dekor di Sukabumi. Hahaha

In the end ngerasa itu worth it. Seharga itu aku dibantu ngurusin prewedding, ikut kemana kita foto, naik mobil sukabumi-jogja aja mau, siraman nikahan diurusin, dihari-hari terakhir aku cuma nyalon dan menenangkan diri. Semua dibantu diatur, keluarga juga lebih santai. Aku malah sekarang ga bisa mikirin gimana kalau kemarin ga pake WO, mengingat ternyata tamunya membludak luar biasa. 

Recomended lah, bisa telpon Umiew ke nomor ini kalau berminat 0852 81178089 atau @umiew.ivan.


Kebaya, Beskap, Gaun dan Jas Resepsi

Setelah sekali fitting dan ga nemu yang pas dibadan. Ntah kenapa kita berdua nyobain tangannya kependekan. Akhirnya Ibu Nina, yang punya Salon Nina mau bikinin kita kebaya dan beskap baru. Bahkan macem siger sunda, kalung dll semuanya baru. Seneng banget karena model bisa semau kita, ukuran badan kita, intinya pas dihati lah ! Memang untuk akad nikah mau sunda banget, cita-citaku sejak dulu. Pas juga sama rangkaian acara yang full upacara adat. Kan ga cocok upacara adat kok pake kebaya biasa atau dress gitu.

Untuk gaun...ini memang gaun yang udah aku taksir semenjak dari kuliah. Gaun ini miliknya Norma Hauri bisa diliat di @normahauri. Sempet sedih banget karena pas mau pesen, sekitaran januari, beliau udah gak sanggup bikin. Ya memang sisa 3 bulanan lagi, minimal 6 bulanlah kalau order kalau dulu. Sekarang malah ga terima order dulu saking kebanyakan. Tapi berkat Kak Nisa, someone far from Malaysia. I could wore my dream wedding dress. Thank you very very much ! :*

Kita sempet ke Joko Suit di Bandung untuk ini, sponsor jaman-jaman Mojang Jajaka Jawa Barat dulu. Tapi gak cocok. Memilih bikin. Beli bahannya di Fancy dan jahit di Norma Busana (0813 8808022). Bagus hasilnya, fit him so much ! 

Untuk Orang tua dan adik-adik juga sama, beli kainnya di Fancy (totally recomended store !) dan jahit sendiri. Ibu dan adek-adek jahit di Ibu Rieka Sukabumi, Mama dan adeknya Mas Ardy jahit di penjahitnya di Jogja, Mpah dan Papa jahit ditempat yang sama dengan Mas Ardy.


Kue Pengantin

Dirty lil secret. Yang dipajang di nikahan kami itu bukan kue. hahaha
Pertimbangannya satu, kotor dipajang gitu, belom lagi suka ada yang colek-colek, belom lagi resiko kl jatoh gimana. Akhirnya itu dibikin boongan aja. Kue aslinya dikirim kerumah. Bisa minta juga dikiriminnya kapan, kemarin sih jeda seminggu. Abis resepsi kan masih banyak makanan banget tuh. Seminggu udah abislah. Kuenya dibikin ukuran kue ultah aja. Bisa dibagi-bagi ke banyak keluarga, ke kantorku dan kantor Mas Ardy juga dapet. 
Ga tau nomornya berapa, yang jelas yang tempatnya deket Hotel Taman Sari aja.


Upacara Adat

Dulu waktu ayahku menjabat di Dinas Pariwisata, ada kelompok seni yang dinaungi beliau. Dan ayahku sudah janji kalau anaknya nikah akan pake mereka. Agak mahal sebenernya, aku agak agak protes juga. But promise is a promise. Meski ujungnya harus nyiapin hotek untuk 30 orang penarinya, dan bayar mahal untuk well...2 hours? Seengganya ayahku keep his promise. 
Tapi bagus kok, seninya lengkap. Segala macam tarian sunda untuk pernikahan ada, Dog dog lojor ada, gamelan sunda dipake semua, upcara adat juga bagus. Aku memang sering bayangin nikahanku pasti ada upacara adatnya, tapi ga nyangka semeriah ini. Bahkan aku jeda ganti baju aja mereka masih nari-nari. Salut! 
Yang ini lupa ga ngesave nomor nya. Pokoknya Sanggar Mutiara dari Pelabuhan Ratu aja. :)


Wedding Band

Dulu jaman-jaman aku sering moto wedding orang, sering banget kerja bareng band ini. Gak hafal namanya cuma digawangi Junialdi (@junialdimr), kaka kelasku di SMA. Kita bahkan udah datengin beberapa wedding just to make sure bagus apa ngga. Pas hari H dong....banyak lagu historis kita yang fals. Clearly ga hafal lirik, padahal kita udah ngasih list lagunya dari lama. Beberapa temen kantor juga bilang kalau bandnya gak bagus. And you know what? Sedih banget ketika moment sekali seumur hidupku dirusak orang. Yang persangkutan ditanya alasannya bilang vocalist ceweknya tiba-tiba ada interview kerjaan di bank jadi last minute diganti orang. Lah, emang ga bisa ganti yang bagus apa? tau gitu mending temen kantorku aja yang suruh nyanyi. Sayang banget udah bayar mahal buat tambahan biola, tambahan waktu yang akhirnya ga kita pake. Masih kesel tiap inget ini. Zzzz


Photographer

Banyak alasan yang akhirnya wedding kita dipegang oleh I DO WE DO. Vendor yang sama yang motoin Omesh, Dian Ayu Lestari. Bersyukur banget sih sebenernya, orangnya baik, ramah, bikin kita nyaman difoto sama mereka. Gak pelit hari juga, kita prewedding ke Jogjakarta itu ngambil berapa hari kerja mereka coba, belom Prewedding di Sukabumi juga kan. Orangnya juga tau yang kita mau gimana. Hasilnya udah dapet and....totally love it !!!!

Girls, nikah cuma sekali, make sure it documented well. find them @idowedophoto


Undangan

Serius deh pas mau nikah tuh banyak galaunya. Termasuk galau nentuin ini. Pengen dibikin sweet and simple tapi ayah ibu gak mau. Harus tetep ada formalnya, karena akan dikasih ke temen-temen ayah. Ya kecuali sih mau bikin 2 model..satu untuk orang tua satu untuk temen kita. But its gonna be double trouble. Akhirnya bermodalkan instagram nyari-nyarilah model yang bisa disepakati semua pihak. But since its Instagram which is none of them we ever saw the real product, jadi agak was-was. Pas-pasan waktu itu dapat undangan nikahan dari Kepala Kantorku. Undangannya bagus banget, dari Sam Arista Bandung. Setelah tanya-tanya temen ternyata itu emang famous gitu disana. Yaudahlah akhirnya telponan, whatsapp-an, dasar sesama orang sunda ya..jadinya malah akrab banget. Ramah banget tetehnya.

Untuk model, harga dll beneran bisa nego. Nyetak disini kemarin hampir 1,5 bulan. karena memang musim nikahan ya sebelum bulan puasa. Enaknya dia janjiin sesuatu yang memang dia bisa tepati. Ke tokonya cuma dua kali, sekali buat liat dummy kedua pas ngambil. Dan puas puas puas banget sama hasilnya. Match sama seluruh tema. 

Find them here @samaristacard / www.samarista.com.
P.s. kalau ditawari bakso disana, harus mau ! Soalnya enak banget !


Souvenir

Its like an urband legend kalau mau souvenir nikahan ya ke Pasar Jatinegara / Asemka. Nah kita akhirnya ke Jatinegara dan ngehlah kalau disana ternyata dikuasain sama satu toko which is Yana Souvenir/ Alfriandra. Nanya-nanya ke penjualnya dibilang kalau mau murah ke workshop aja yang dibelakang LP Cipinang. Kesanalah kita...masuk jalan-jalan sempit dan susah parkir.

Sampe sana malah kesel sendiri. Itu ibu yang punya JUDES BANGET. Udah kaya ga butuh duit, perkara mau mesen aja ampe emosi. Untung akhirnya dihandle ama karyawannya yang ternyata malah lebih ngerti dari pd dia. Lebih murah di workshop sih dibanding di pasar. Ya wong yang dipasar aja ujungnya ambil barang disini.

Tapi kalau boleh saran, JANGAN pesen disini. Pengalamanku kemarin dijanjiin tanggal tertentu kan. Udah aku telpon dari seminngu sebelumnya mastiin udah selese apa ngga, dibilang iya. 3 hari sebelumnya telpon lagi, sehari sebelumnya telpon lagi bilang besok mau diambil. Dibilang jam 3an biar pas dateng langsung ready barangnya. Hari H ditelpon ngabarin dibilang okay. Dateng kesana...ZONK.

Pesenanku ga tau dimana. Bagian pengambilan barang juga kaya ga mau ngurusin. Dan pas itu, ada orang yang juga mau ngambil pesenan mereka dan ngamuk karena udah 3x kesana souvenir mereka masih salah nama dan tanggal. Ngeri banget kan. Udah gitu dus-dus itu dilempar-lempar gitu sama abang-abangnya pas nyariin pesenanku, kalau isinya gelas gimana coba? 

Dan..ternyata punyaku belum selesai saudara-saudara. Aku harus nunggu sampe lewat magrib sampe akhirnya bisa liat pesenanku. Dan itupun...kurang dari jumlah yang aku pesen. Untungnya memang mesennya dilebihin jadi gak terlalu gimana gitu. lagian udah liat yang ngamuk-ngamuk udah males berdebat. Akhirnya minta refund aja. Dan sampe rumah ngecek banyak yang cacat dong. Ngeselin.


Seragam Pager Ayu dan Keluarga

Salah satu alesan budget pernikahanku membengkak banget. Untuk temenku aku bikin 20 bridesmaid package yang isinya kain dan bridesmaid card. Untuk seragam ini memang sengaja dibikin warna-warni. Temenku aja ada yang pink, ijo dan biru. Keluraga jogja pake merah semua. Keluarga sukabumi pake ungu, maroon, tosca. Rekan kerja ibu pake hijau. Kalau dihitung-hitung kita nyediain kain untuk lebih dari 100 orang, belom lagi kemeja untuk para lelaki : |

Nah semuanya dibeli di tiga tempat. Sir Cinta dan Median di Pasar Baru Bandung, Fancy di Mayestik Jakarta. Semuanya recomended !


Hotel

Rombongan dari Jogjakarta sekitar satu bis, dari jakarta satu mobil, dari banten 2 mobil, We're clearly need many many room for them to rest. Sempet bingung karena itu long weekend banyak kamar yang udah di book. Akhirnya dibantu Pak Epi, temen kantorku, dapet juga satu hotel yang available which is Hotel Permata Hijau. Sarapannya bisa diatur lebih pagi, parkirannya juga leluasa untuk bus. Cocoklah untuk rombongan gitu.

Buat keluargaku kami milih Hotel Anugerah, sengaja ga dirumah biar gak kesiangan. (Padahal mah rumah ke gedung cuma 15 menit) cuma apa ya...biar lebih tenang aja gitu. And as for me, ini penting supaya bisa menenangkan diri dan biar fotonya bagus-bagus. haha


Web

Ini ngedadak banget pengen bikinnya. Dan yang kena Eko deh, temen smp-sma ku yang sekarang jadi leader di Oracle. Cuma dua malem web weddingku udah selese dan bagus banget. Here's my web. You can always ask Eko you make yours. Contact him here : 0899 7469 324


Mas Kawin

Salah satu mas kawinku kan uang...sejumlah tanggal menikah kami 2.052.015. Yang kami percaya uang mahar tidak boleh dibuat pajangan, harus dimanfaatkan. Tapi kalau uangnya ditumpuk gitu aja kan ga lucu ya makanya akhirnya konsul sama Teh Siska, yang membuat Pajangan Mas Kawin. With a lil crime, kita bikin itu pajangan dari....uang palsu yang kita print sendiri. Jadi gak usah dibongkar lagi kan? Bisa jadi pajangan rumah yang bagus banget. Uang aslinya sendiri disimpan dibox dan tetep dibawa saat akad. Anyone interesting with the design? Contact her at 0899 9262089



Apalagi ya? Kayanya udah semua. Nanti Kalau ada yang kelewat tanya aja. Bisa di comment box bisa juga via twitter @raisasha. Oh ya, aku sengaja ngga mencantumkan harga. Karena mungkin udah berubah dan ga enak juga sama vendor-vendornya. But if you want to know you can always ask me privately. Okay?


Semangat mempersiapkan you wedding dream !
Percayalah apa yang orang bilang...you're gonna miss it ! hahaha


You Might Also Like

19 comments

  1. Aaaaaak! Thank you so much for posting this! Nuhun teh geulis!

    ReplyDelete
  2. raishaaa.. bolehkah aku minta kontakmu? aku desca... atau line aku yaa fauziahdesca ada yang mau aku tanya2 soal gedung dan dekor. makasih yaaa :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sis keleeeees~
      dm aja yah ke twitter @raisasha

      Delete
  4. Makasiii kakaaa.. Postingannya ngebantu banget buat yg awam seperti aku,
    Aku asli Pelabuhanratu tapi lbh banyak tinggal di Jakarta karena kerja disini, dan ternyata di Pelabuhanratu nyari vendor ini itu susahnya luar biasa. #ehhh kok curhat? :')
    Boleh kah ka aku dibagi kontakmu ato media lain untuk chat personal?
    hihihihihi

    ReplyDelete
  5. duh membantu banget ca postingannya...boleh ya nanti saya tanya tanya lagi..hehe

    -susi-

    ReplyDelete
  6. Mksh postingannya sist.. mau tanya kalo salon untuk rias sama dekor dimana ya yg bgus? barusan saya ke Sherly tp penuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain sherly paling ke khei, bagus asal ibunya sendiri yg dandanin. Banyak sih pilihannya ada betty ada larissa, coba diliat-liat aja dulu sukanya yg mana :))

      Delete
  7. Teh maaf mau numpang kenalin catering di sukabumi @yosidarncatering. Catering ini awalnya de tahun 1986 am neneku (Mah Ageung) dan skrg udah mulai sm mamaku (namanya orgtua, males buat iklanin, ngandelin via mouth to mouth infonya ��). Siapa tau teteh atau teteh2 yg lain butuh catering, mulai tanya2 sampai test food, WA/sma/tlp ke +6285890008567 yaaa atau bisa cek IGnya di @yosidarncatering ��

    ReplyDelete
  8. Wow blog teh Icha keren pisan....
    Kpn latihan Biola lagi...? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapaaaaaaak !
      Aduh malu hehehehe

      pengen banget pak latihan lagi. Tapi skr ada bayi. Pas udah aga gedean deh hehehe

      Delete
  9. boleh tau list budgetnya gak?
    email : gilangprasdianto@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Teh boleh tau list budgetnya? Ke email aku ligarprilia00@gmail.com
    Teh punya kontak salon nina nya?
    Hatur nuhun

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Subscribe