Kerja Sambil Meng-ASI-hi

4:31:00 PM

July, 11th 2016

Setelah tiga bulan cuti dan 2 bulan jadi full-time-mommy-at-home, akhirnya saya masuk kerja lagi. Sedih? Iyalah...asalnya 24 jam bareng Keenan sekarang kepotong kerjaan. Tahu perkembangan anak dari orang lain itu nyesekin. 

Tapi ternyata ada senengnya juga. LHO???

Jangan buru-buru ngecap saya gak suka jadi Ibu ya. Tapi ternyata, seperti yang sering saya bilang..kerja itu the real me-time ! Sambil kerja saya bisa makan tenang...bisa buka instagram, bisa dandan...something yang gak bisa (atau belum) bisa saya lakuin saat dirumah. Karena kalau dirumah saya full fokus sama Keenan. Dan..ternyata saya butuh itu. Saya butuh eksistesi diluar rumah.

Memang selama dikantor ga kepikiran anak? 
YA IYALAH !
Ada saatnya saya pengen resign dan jagain Keenan. Ada saatnya saya bolos karena saya pengen sama Keenan. Meninggalkan Keenan setiap pagi, nengokin sejam saat siang, dan baru bisa main lagi jam 5 sore..itu BERAT. Tapi Alhamdulillah saya ada Ibu yang bisa bantu liatin Keenan, ada bibik yang baik dan sayang sama Keenan juga. Jadi sedikitnya beban saya agak ringan.

Kenapa ga resign aja? Gak kepengen anaknya diasuh lulusan D3? (Duh mak, saya masih D3!)
PENGEN TAPI NANTI.
Karena..saya punya hutang sama negara. Paling ngga sampai 8 tahun kedepan saya harus mengabdi ke negara atas balasan saya dikuliahkan negara. Ternyata role saya gak cuma jadi seorang Ibu, Tuhan titip role lain. Jadi ya sebisanya saya harus bisa jalainin dua-duanya.
Lagian kerja ga bikin saya gak ngasuh Keenan. Saya ga lepas tangan, segala keperluan Keenan saya siapin, bibik tinggal eksekusi. Pulang kerja yang bacain cerita? yang ngajak main? yang ngajiin Keenan? Ya saya. Sama Suami.

Parenting should be both side ya, ga bisa cuma urusan ibunya aja :))

maafin ya berantakan :D
Udah ah. Mari kita bahas ASI aja ya..karena bahas working mom atau full at home mommy bakalan gak beres-beres hehe.

Foto diatas adalah tabungan ASIP saya untuk Keenan ketika saya mulai kerja. Gak banyak..tapi cukup. Hak anak saya atas ASI saya usahakan betul-betul. Paling ga, meski ga selalu sama saya, Keenan tetap minum ASI saya. 

Perjalanan ASI saya dari mulai banyak banget - sedikit - sedikit banget - banyakan dikit - dikit lagi...in short naik turun ! Dengan segala drama dan keterbatasannya saya bisa nyediain Keenan kira-kira 2 minggu stok ASIP untuk Keenan kalau saya kenapa-kenapa. Semoga sih ya gak kenapa-kenapa. 

ASI Booster yang saya pernah coba mulai dari ASI Booster Tea, susu soya, katuk, susu almond, lactafit, lactabar...yang paling cocok susu almond. Langsung kentel dan banyak asinya ! Saya biasa minum punyanya Mandorle Indonesia, in fact..saya bahkan jadi resellernya untuk wilayah Sukabumi. Thats how i love it ! 

Anyway saya mau sharing perlengkapan yang memudahkan proses ini ya. Karena tanpa alat-alat ini saya bakal susah banget nyetok ASIP.  Here it goes :

Ada batrenya, jadi gak ribet nyari colokan atau powerbank. Ada penunjuk waktu, level hisapan sampai 10, dikasih engkol untuk pompa manual juga jadi kalau darurat abis batre or else tetep bisa dipake. Gak terlalu berisik juga, jadi bisa pumping sebelah Keenan yang bobo. Dan ga sakit! Saya gak cocok pake medela, lecetnya menjadi-jadi :(

Pake Spectra level 10 masih anteng aja, ajaib ! (tapi pelan-pelan ya mom, awal-awal level kecil aja dulu..naikin pelan-pelan. :D ) Spectra ini juga gampang bersihinnya, ga seperti medela yang perintilannya banyak. Udah closed system juga jadi ASI ga akan masuk ke selang mesin. Best thing about it is...Murah ! Double pump di spectra seharga single pump medela lho mommies !

Anyway, sebelum beli saya coba sewa dulu di @lulabies_baby, biar ga salah beli lagi. Sudah tanya dokter anak dan dokter laktasi. Its okay kok untuk sewa pompa, asal di steril dulu. Toh dirumah sakit juga pompa asi dipakai banyak ibu. Anyway, saya beli disini juga, karena waktu itu lagi promo free ongkir dan gratis breast pad. hihihi

Life safer ! Bisa ngapa-ngapain dengan pakai ini. Dan karena lebih keteken asinya jadi keluar lebih banyak. Saya bisa tidur sambil duduk dan bangun-bangun ada ASI siap di stok. Bisa main hape, bisa makan. Pas kerja apalagi...pumping bisa sambil ngetik kerjaan. Wohooo !

Saya beli yang organic di Bilna. Satu aja cukup. Orang dipakainya diluar baju, cuci tiap Sabtu hahahaha Tips : Kalau beli mending yang kira-kira ngepas atau agak ketat ya. Jadi bisa lebih kuat nahannya dan asinya lebih banyak :*

3. Nursing Cover
Baik itu untuk direct feeding atau pumping sama-sama berguna. Dikantor saya bisa pumping dikubikel karena ini. Pake pump ease ditutup nursing cover..Aman. Tetep dikantor, gak dianggap kabur. Pompa mau selama apapun bisa. Cheers !

Nursing cover bisa merek apa aja. Cuma kalau buat direct feeding pake yang kira-kira gak bikin gerah anak ya.

Anyway, saya pumping 4x dikantor. Which is :
1. jam 8-9 pagi power pumping.
2. jam 11.30 -12.00
3. jam 14.00 - 14.30
4. jam 16.30 - 17.00

4. Dukungan suami !
Harusnya ini nomor satu ya hahahaha
Ya gimana, seperti yang saya bilang..ASI saya naik turun. Pumping sejam cuma dapet 10ml pernah, pumping 15 menit dapat 290ml juga pernah. Kalau lagi jatoh saya larinya ke suami. Kalau gak dikuatkan dan dibahagiain suami gak bakal saya se-strong ini ngusahain ASI untuk Keenan. Beruntung banget punya suami AyahASI macem Mas Ardy. :*

Biar saya bukan ibu yang punya ASIP berkulkas-kulkas, tapi seperi di IG...saya mau banget sharing dan bantu siapapun perihal ASI nya. Sebisa saya, setahu saya. Karena sesama ibu itu saling menguatkan. So...for anyone who would like to ask, fell free yaaaa. Boleh komen dibawah atau di IG @raishasha juga ga apa-apa. :*

See you !
Semangat mengASIhi !

You Might Also Like

8 comments

  1. Nomor 4 itu yang paling utama, dukungan suami. Mau gimanapun ngASI perlu support dari org sekeliling,terutama yg paling deket, swami. :)

    I feel youuu soal produksi asi yg naik turun, kadang rada gak pede melihat kulkas busui yg lain pada penuh :(
    Tp suami selalu menghibur ebo2 galauers macam diriku ini, jadi kalau menurut saya, support is number one buat Mood booster sama asi booster :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...suami, plus orang tua ya ! kadang org tua yg beda pemikiran suka jadi kendala juga ya hehehe

      iyaaa sampai pd sewa freezer, apalah aku freezer atas aja ga penuh-penuh :P

      Delete
  2. Teteh.. aq jg msh busui lho.. itu susu almond bd dikirim ke plara g?

    ReplyDelete
  3. Semangat mbaaa.. Aku baru aja kelar asi pas 1 jan kemaren. Karna pas babyku 2 th.. Jadi cukup 2th aku stop. Tapi mang pengorbanan banget mba, apalagi babyku selama 2th itu gak pernah mau dicampur sama formula, so ibunya harus siap nyusuin dimanapun dan kapanpun. Ibu kerja tetep bisa kok mba Kasih full asi ke baby.. Semangatttttt 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa kaya mbak ya. 2 tahun full asi ! hihi amiiiinnnnn

      Delete

Powered by Blogger.

Subscribe