Syukuran Khitanan Keenan :')

9:52:00 PM

June, 29th 2017

I cant not believe that when Keenan was only one year old i will be telling you this. Keenan udah di-khitan. Anak Mama jagoan :')


With what i know today, mungkin kalau saya dikasih amanah anak laki-laki lagi saya bakalan khitan anak saya pas baru lahir. Biar cepet penyembuhannya. Anak satu tahun di khitan itu...sesuatu. Penyembuhannya sebenernya ga lama. Satu minggu udah bisa pakai popok lagi, tapi selama seminggu itu saya deg-degannya gila-gilaan.

Umur setahun belum terlalu ngerti kalau dibilangin, dan belum terlalu ngeh sama kondisinya. Jadi kaya gak dirasain padahal yang liat udah ngilu. Keenan loncat-loncat, naik-naik kursi, Ngeriiiiii ! Udah gitu semepet ditarik pula jaitannya sampai copot dua, Untung udah kering jadi ga apa-apa. T_T



Keenan sebernya khitanan bulan Mei tapi kita masih fokus ke penyembuhan jadi gak bikin selametan apa-apa. Masuk Juni dan ada rencana mudik ke Jogja langsung lah bilang Mama Papa untuk buat selametan di Jogja aja. Gak usah heboh, yang penting khidmat berdoa.

But again, di keluarga Jogja pun ini pertama kalinya ada cucu yang dikhitan. Jadi lumayan rame deh :')




Acara dibuka dengan lantunan ayat suci, dan penampilan apa ya namanya..marawis (?) Lalu dilanjutkan dengan sambutan Papa sebagai tuan rumah, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin Mas Danang, barulah sambutan dari Mas Ardy selaku ayah Keenan. Keenan nya belom bisa ngomong jadi diem-diem aja ga sambutan *ya menurut lo*

Ah ya..salah satu efek pasca khitan dan penyembuhannya adalah..Keenan kenal youtube. Alhasil deh bosen dikit nyari hp. Waktu acara pun akhirnya dikasih liat youtube dari pada nangis-nangis. Later on kita bisa handle ini sih. Kapan-kapan diceritain deh gimana sampai bisa lepas lagi. Cause its true, kecanduan gadget itu serem banget !




Di acara ini kita mengundang anak-anak yatim piatu untuk hadir ke syukuran khitanan Keenan. Rasanya pengen berbagi dengan mereka aja. Setelah melewati hal-hal berat, mood saya buat bikin perayaan yang hanya sekedar cantik ilang gitu aja, I looking for meaningful, heart warming moment right now. Dan mengajak mereka makan, main dan berdoa bersama seems like a nice idea.

Papa :)
Mas Danang
ini udah taulah siapa yak
Acara selanjutnya adalah tausyiah dari Ustad...siapa ya namanya lupa. huhuhu
Yang jelas tausyiahnya adem, menerangkan makna khitan, mendoakan untuk Keenan, plus seru juga karena sampai ada quiz buat anak-anak hihi




Setelah tausyiah selesai kita semua makan bersama. Berhubung ini syukuran anaknya, makannya kesukaan Mas Ardy banget nih. Sate ! hahahaha

Saya hampir ga nyiapin apa-apa disini, sama deh kaya pas ngunduh mantu dulu. Semua disiapin Mama huhuhu apalah aku tanpa Mama. Saking ga ada persiapan apa-apa, ngabarin temen yang di Jogja baru siang harinya. Ya iyalah ya ga pada bisa dateng, libur lebaran gini pula ya pasti banyak acara.



Oh ya, di atas tadi ada foto makanan kan pas acara? Ternyata itu ada artinya lho. Menurut Papa :

"Semuanya itu sebagai kelengkapan syukuran untuk sama-sama dimakan atau diberikan kepada orang lain. Di tradisi jawa ada nasi bubur merah putih dan telur untuk dimakan oleh anak-anak yang hadir. Merah putih tadi melambangkan keberanian dan kesucian. Adapun untuk telur, urap atau gudangan, ingkung ayam yang dimakan untuk yang sudah dewasa melambangkan kesuburan & kemakmuran,. Hasil kerja yang melimpah yang kemudian dinikmati secara bersama-sama sebagai sodaqoh."



Jadi di Jawa bubur merah putih itu untuk khitanan, di sunda sih buat ngasih atau ganti nama. Hehehe

Anyway terima kasih untuk temen-temen Mas Ardy yang hadir, really nice to meet you. Untuk Ochi juga makasih ya Mamake Jogja nya. Im blessed ! Doain Keenan semoga tumbuh dengan baik dan sempurna ya. Menjadi apa yang terbaik darinya. Amiiin :")

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.