Perlengkapan MPASI Yang Diperlukan

11:57:00 AM

Duh judulnya apa banget ya hahahaha 
Tapi ga apa-apa sengaja biar yang googling bisa langsung klik sini. :P

So...now my baby is almost turning one. Masa-masa MPASI udah bisa dibilang hampir lewat karena sekarang Keenan udah makan nasi dan sayur/tumis seperti orang tuanya. Bedanya cuma belum pakai gula-garem. Jadi, segala review perlengkapan bayi dibawah ini bakal direview kegunaannya sampai usia setahun ya. 

Please believe me when i said i always did some research about everything. Perlengkapan bayi aja kemarin sampai bikin excel yang isinya rinci perbandingan harga dari beberapa toko. Yang MPASI gak segila itu sih, ya karena punya bayi itu sungguh menyita waktu. Tapi tetep sih, paling ngga saya beli yang best deal deh. hehehehe

Perlengkapan Pertama Bayi

Oh ya..postingan ini udah lama banget tertunda karena saya gak sempet fotoin alat-alatnya. Jadi ini gambarnya saya ambil dari tempat saya belinya ya. Cuma dua tempat sih, bilna sama yukibaby shop. Kenapa bilna? Karena free ongkir. Kenapa yukibaby? Karena murah dan barang yang saya mau dan gak ada di bilna, ada disini. Oh ya..postingan in iterbatas ke barang-barang inti ya. Yang lucu-lucu ntar lagi deh. Takut kepanjangan. Check it out !

1. Slowcooker
 
Ini my magic tool, my savior, my favorite ! Bikin mpasi tinggal cemplung-cemplung pas mau tidur besok paginya udah jadi. Sangat berguna saat mulai MPASI 4*, kalau waktu menu tunggal lebih efisien pake dandang/food processor. Saya pakai Merek Takahi, the best one for MPASI karena pot nya clay. Kalau beli takahi belinya yang minimal 1,2 L ya. Kenapa? Karena Yang 1,2 L ada pengaturan low/high dan juga muat cukup banyak. Inget ya..anak makin besar makin banyak makannya. Waktu Keenan 8 bulan saya ke Jogjakarta sewa tuh Takahi yang 0,7 L. Ditinggal semalem...gosong. Jadinya super cepet matengnya 2-3 jam udah mateng. Dan untuk tiga kali makan gak bisa sekali bikin, harus dua kali. Untuk working mom..rempong ! Mending yang 1,2 liter sekali bikin bisa untuk 3 kali makan.

from here,
Nah..buat saya Slowcooker ini kepakai sampai 10 bulan. Bulan ke 10, 11 saya pakai hanya untuk daging sapi. Soalnya kalau dibikin dadakan pagi-pagi masih terlalu keras dan alot untuk Keenan makan. 

2. Baby Food Processor

Nah. Semuaaaaaa mommies pasti deh sempet ngiler liat Beaba apa Babymoov. Saya juga ! Cuma setelah reseach sana-sini, kok cuma bentar ya kepakenya. Dan ternyata fungsinya masih bisa disubtitusi dengan produk lain yang lebih murah. Misal..masak pakai slowcooker kan udah ga butuh steamer lagi. Blender aja paling. Tapi akhirnya saya beli juga, dengan merek Baby Safe. Ini dadakan karena selama ini salah ngira dikadoin itu. Eh ternyata pas buka bungkusnya...cuma blender aja. -__-

from here
Banyaknya..saya pakai baby food processor ini untuk buat pure. Jadi awal-awal aja. Sewaktu bikin menu tunggal sangaaaat terbantu dengan ini. Juga pas nyetok pure buah-buahan. Setelah lewat menu tunggal dan setelah keenan bisa makan buah potong saya lebih sering pakai untuk blender hasil slowcooker. Itu pun sampai 8 bulan saja. Bulan ke 9 saya potong kecil bahannya sebelum dimasak jadi gak diblender lagi untuk naikin tekstur. Tapi...saya pernah bawa baby food doang pas nginep di luar kota sewaktu Keenan dibawah 9 bulan. Ringkes ya, meski hasilnya gak se-smooth slowcooker. Setelah 9 bulan keatas saya keluar kota bawanya slowcooker doang.

Jadi..ini sekarang statusnya gak dipakai lagi. Ada yang mau sewa kah? hahaha

3. Baby Cubes

from here,
Sebenernya kepengennya beli Oxotot, tapi karena waktu itu kosong belilah Baby cubes ini. Belinya dua set yang 70 ml. Ternyata cukup lho. Buat bikin pure buah banyak pake itu bisa. Buat simpen makanan Keenan untuk makan diluar juga bisa. Keliatannya gak kuat ternyata saya gak beli lagi tuh. Dua itu aja. Plastiknya gak tebel tapi jadi gampang ngangetinnya kalau pas diluar. Rendem air anget aja. Untuk dibawa-bawa juga cukup aman, biar saya tetep bungkus pake ziplock lagi. 

4. Sendok makan elastis

Untuk awal-awal saya ngerasa sendok bawaan feeding set itu terlalu keras untuk Keenan. Agak susah juga kalau saya mesti sat set masukin makanan ke mulut. (i guess everymom can relate to this). Nah makanya saya cari deh sendok yang elastis dan dapatlah si Munchkin ini. 

from here
Gak mahal, tapi kepakai banget. Kalau dia lagi kesel dia suka gigit-gigit batang sendoknya juga. Karena ya empuk jadi saya gak larang. Pas udah 8 bulan keatas sih sendok gimana pun oke aja. Bahkan mendekati setahun Keenan maunya sendok yang dipake Mamanya !

5. Booster Seat

Sempet bingung mau beli high chair apa booster seat, tapi akhirnya beli booster seat karena biar gampang kalau mau dibawa-bawa. Kenyataannya...gak pernah dibawa. Ngapain? Asal nyari restoran yang baby friendly pasti ada high chair hahahahaha

from here
Kenapa milih ini? karena reviewnya Falla Adinda sama Chawrelia ! hahaha Chawrelia sih dia yang highchair nya. Tapi setelah diliat-liat merek lain, ternyata saya sukanya yang ini. Harganya pas, designnya clean, gampang bersihinnya dan keliatan kokoh. Yang warna-warni itu empuk lho. Cuma untuk Keenan terpaksa dilepas karena dari pertama dateng jadi kesempitan pahanya ! hahahaha 

By the way saya sempet sewa booster set nya Summer Infant - 3 Stage waktu di Jogja, Keenan betah disitu karena banyak mainannya. Tapi gak se kokoh ingenuity. 

Buat saya booster seat ini penting banget. Karena disini dia belajar kalau makan ya duduk, di kursi. Bukan digendong atau sambil jalan-jalan. Apa Keenan selalu makan disini? Oh tentu tidaaaaak. Kalau lagi rewel ya segala gaya dan tempat dijabanin. Tapi mostly makan disini.

6. Alat Dapur

Beli dua tatakan baru ya khusus buat MPASI, begitu juga dengan pisau. Satu untuk daging, satu lagi untuk buah dan sayur. This way biar gak kena kontaminasi makanan kita. Saya belajar ini dari Instagramnya Elizabet Zenifer. (By the way follow dia deh, banyak ilmu di postingannya!), beli alat pengupas buah juga biar gampang aja.  Dandang saya beli juga sih, untuk ngukus pas segala perintilan belum dateng. Oh ya..pressure cooker ! Sangat berguna untuk buat kaldu. Apalagi ya..basically selain panci dan dandang saya pisahin antara perlatan masak keluarga sama peralatan MPASI Keenan. Paling gak sampai setahun lah. Udah setaun mah ntar juga makanannya sama hehehe

7. Ziplock

I never know that i'll love this product so much. Abis bekuin pure di baby cube? Masukin Ziplock per jenis dan tanggalin. Sayuran yang sudah dipotong dan di blansir? Masukin sini. Daging perporsi masak? Masukin sini. Baby cubes isi makanan siap makan pas travelling? Bungkus pake ini. Sendok makan yang mau dipakai pas keluar kota? Simpen disini. hahahahaha

Saya biasa beli di swalayan deket rumah aja. Ada kok yang tulisannya untuk makanan. Lupa harganya berapa hahahaha Khusus untuk potongan daging saya pake zip lock yang ukuran kecil, ga ada mereknya. Jadi plastik yang gak ada mereknya itu gak pernah saya pakai untuk makanan siap makan. Cuma buat frozen meat aja.

8. Botol Kaca

Untuk working mom pasti udah punya ini sih. Kan nyimpen ASIP pada pakai ini. Tapi saya tambah lagi untuk simpan perkalduan.

Tapi..kayanya cuma dua/tiga kali saya bikin kaldu. jadi ujung-ujungnya ini botol saya pake buat ASIP juga hehehe

9. Feeding Set

Ini bisa merek apa aja asal isinya lengkap. Ada saringan, ada piring, mangkok, sippy cup sama untuk memeras jeruk. Saya dikasih merek pigeon. Kepake sampai sekarang.Tupperware yang untuk anak juga, pas buat porsinya Keenan. Sippy cup juga saya ga sempet beli merek lain karena Keenan keburu bisa minum pakai sedotan biasa atau bahkan sedotan Aqua gelas ! Jadi gak bisa kasih review yang lain. hehehe Jangan lupa beli bib ya ! Biar ga terlalu bleberan ke baju makannnya. Namanya juga baru belajar makan kan, jangan harap bisa rapi deh hehehe


Apalagi ya...the fact that i dont remember itu berarti gak penting-penting amat. But i'll update it if there's anything left. Semoga informasi ini berguna yaaaa !

Semangat nyiapin MPASI nya Mommies !

You Might Also Like

6 comments

  1. Noted! Thank youuu mbak fornthe reference meskipun masih 3 setengah bulan lg hehehe

    ReplyDelete
  2. saya juga lagi nyari-nyari peralatan per-MPASI-an nih. bentar lagi si dede 6 bulan soalnya. makasih sharingnya yaa

    ReplyDelete
  3. hihihi semangat ! seru lho mpasi itu :D

    ReplyDelete
  4. kudu dicatet ni, bayi saya baru usia 10 hari soalnya tapi suatu saat pasti butuh perlatan diatas :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.