SUMPAH PEMUDA

1:01:00 AM


“4321 Indonesia” adalah sebuah langkah menuju Indonesia yg lebih baik, di tangan pemudanya.

4 Bukti Indonesia selalu diubah pemuda.
1908, Sutomo waktu mendirikan Boedi Oetomo masih tahun pertama kuliah di STOVIA
1928, Kongres Pemuda ke 2 isinya anak anak muda usia 20-24thn. Rapatnya, dilakukan di kost-kostan. Dengan segala keterbatasan sarana komunikasi, mereka berhasil berkumpul dari segala penjuru Indonesia. Tanpa email, sms, twitter, facebook, dll.
1945, Kalau bukan karena pemuda yang memaksa Bung Karno dan Bung Hatta untuk merdeka secepatnya, bisa jadi kita tidak jadi merdeka karena sekutu keburu datang dan Jepang sudah menyerah.
1998. Mahasiswa menurunkan rezim 32 tahun Soeharto. Pemuda seluruh Indonesia.
Kalau kita ingin ada perubahan dlm korupsi, kemiskinan, dll menuju ke arah yg lebih baik, maka sejarah telah berulang kali membuktikan, harus dilakukan oleh pemuda.

3 hal yg hrs dimiliki pemuda Indonesia:
Pemahaman yg bener tentang Indonesiabukan pemahaman tentang Indonesia yang didapatkan dari berita TV dan koran. Berita TV dan koran hanya akan ceritakan yang buruk dari Indonesia karena “bad news sells”. Berhenti cari tau tentang Indonesia dari berita akan bikin kita tidak pesimis akan Indonesia. Cari tau sendiri Indonesia seperti apa. Bacalah buku. Google apa yg ingin diketahui. Jelajahi negerimu. Minimalnya keluarlah dari kota tempat tinggalmu. Makin banyak yang kamu tau tentang Indonesia, dijamin akan semakin optimis.

Rasa memilliki Indonesia ,ini penting karena tanpa rasa memiliki, tidak ada keinginan untuk mau merapihkan negeri ini.

Kalimat yg tepat utk menggambarkan poin ini adalah dari lagu “Tangan Kotor”:
“Lihat Ibumu walau ada pembantu, tetap beres beres rumah, tetap mau nyapu. Rasa memiliki membedakannya dan kamu. Rumah itu miliknya, bukan milik pembantu. Kini lihat keluar, lihat potret bangsamu, God Bless bilang ini ‘Rumah Kita’.. Ingatkah lagu itu? Kalau negara berantakan di matamu, apa kau yg bereskan atau main suruh? Rasa memiliki Indonesia, penting utk tahu kesehatan bangsa”
Pemahaman yg benar akan kepemimpinan. Penting untuk disadari: Leadership is not a position. Its a choice. If you choose to be a leader then a leader you are. Orang yang berpikir Pemimpin adalah jabatan akan menunggu disuruh untuk berbuat sesuatu. Atau, tidak mau melakukan sesuatu karena bukan tanggung jawab dia. Org yang punya kepemimpinan, yang mau menjadi pemimpin, akan punya inisiatif, akan punya tanggung jawab.
Semakin banyak orang yang mau menjadi pemimpin, semakin maju negeri ini.

2 hal yg bisa pemuda lakukan:
Menuntut Perubahan + Menciptakan perubahan
Tuntutlah perubahan kepada pemerintah. Itu hak kita sebagai warga negara. Itu peran kita sebagai pengawas jalannya pemerintahan.
Pemerintah itu harusnya takut pada rakyatnya. Bukan sebaliknya.
Ciptakanlah perubahan yang ingin dilihat dari Indonesia.Jadilah bagian dari sebuah gerakan, atau mulailah gerakan sendiri.Cara lain? Berkaryalah.
Orang yg berkarya akan hasilkan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang luar biasa itu akan ikut mengangkat bangsanya

1 hal yg akan bangkitkan Indonesia:
Optimisme.
Pernah liat orang sukses yang pesimis?
Tidak akan ada.
Maka kalau kita ingin negara ini sukses, bangsanya harus optimis.
Indonesia akan jadi negara yg luar biasa, kalau kita mau pahami dan jalankan bersama sama “4321 Indonesia”

Dikutip dari pandji.com
Maaf saya mengutip. Maaf karena saya belum bisa berkata-kata. Maaf saya mau menunggu bisa mencipta baru mulai berkata-kata. Ini sedikit tulisan pembakar semangat bagi saya (yang meskipun bukan pemuda, pemudi) dan semoga juga untuk kamu, kawan.
Hari sumpah pemuda bukan hanya dirayakan dengan berbagai status di sosial media, mari jadikan cermin untuk berkaca sejauh apa kita tertinggal dari pemuda yang sanggup mencipta, sanggup berjuang dalam keterbatasan untuk kecintaannya pada negeri ini. Mari berkaca dan mari mencipta.

Selamat hari sumpah pemuda. 

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.